Iklan

Popular Post

Written By Unknown on Selasa, 12 Mei 2015 | 22.05


AWAL TERNAK DOMBA “ RUKUN MULYO “

Di Desa Bondol Tepatnya di Dusun Duwel RT. 08 RW. 04 terdapat peternakan domba milik Bpk. Abdul Salam warga desa.Mulai usaha ini pada tahun 2011 awalnya usaha sendiri kemudian terbentuk kelompok ternak  “Rukun Mulyo “.Kelompok yang diketuai Abdul Salam,sekretaris Sirin,Bendahara  Laspin, serta 7 anggota yaitu Barno, Suwito,Parno, Pandi, Parno, Jais, amin semua warga dusun Duwel.
Berawal domba milik sendiri dengan proses penggemukan sebanyak 4 ekor. Namun di hitung - hitung hasilnya kurang memuaskan,padahal telah dibuatkan kandang ternak yang layak serta pakan ternak yang di olah secara fermentasi serta rumput gajah dikebun sendiri  kata mas dul saat kita temui dirumahnya.Ia ingin mencoba yang  lain yaitu dengan cara pembibitan dan memperbesar usahanya namun modalnya belum cukup.
Pada tahun 2012 Kelompok Rukun Mulyo mendapat bantuan Kredit lunak dari dinas peternakan Kabupaten Bojonegoro sebesar  50 juta. Dengan bantuan sebesar itu dapat membeli domba sebanyak 40 ekor serta dapat mengembangkan kandang ternaknya. Mulai saat itu beliau merubah dari proses penggemukan menjadi proses pembibitan dengan alasan lain harga bibit pejantan sangat mahal dan hasilnya kurang sesuai dengan harapan.
Dalam jangka dua tahun bantuan kredit dari dinas peternakan telah lunas.sungguh luar biasa bagi “akrab di sapa mas dul “ seorang yang rajin dan tekun dalam bidang ternak.Dulunya ia seorang penjual es krim buatan sendiri ( es tong tong ) dan jualan berkeliling ke desa  sekitar.Namun sekarang telah sukses dalam mengembangkan usaha ternaknya dengan omset per bulan 3 Juta rupiah. Beliau telah merasakan hasil usahanya.

Kelompok Rukun Mulyo Telah mendapat juara/ nominasi ke 2 di Tingkat kabupaten Bojonegoro dibawah kelompok ternak dari kecamatan Kedungadem. Ini adalah kebanggaan dari kelompok Rukun Mulyo serta Desa Bondol Kecamatan Ngambon. Kelompok yang  di kelolanya ini  telah bekerjasama oleh pihak Migas Pertamina dan UGM ( Universitas Gajah Mada ) Yogyakarta .Hingga kini jumlah kambing seluruhnya sebanyak 37 ekor.Beliau sangat bersyukur dengan usaha ini dapat mencukupi kebutuhan keluarga serta dapat menabung ujar mas Abdul Salam.

2 komentar:

  1. Matoh gan..hehehe Salam dari KIM Sumberagung, Ngraho

    BalasHapus
  2. Postingan yang menarik dan Nice Artikel bos. Akupun punya lagu tentang desa Lirik Tresno Sukomoro kunjungi ya.

    BalasHapus